Depok (31/5/21) Disebuah Desa yang terpencil dengan status tertinggal di Kabupaten Bogor para mahasiswa bersama dosen yang mendampingi dengan semangat melaksanakan kegiatan yang merupakan pengamalan dari tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian. Kegiatan ini bernama KKN Pendidikan 2021 Prodi Pendidikan Biologi STKIP Arrahmaniyah dengan tema Pengabdian Masyarakat Melalui Penerapan Keilmuan Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat berlokasi di Desa Wirajaya, Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Mochamad Djohani MM. bersama Ka. Prodi Pendidikan Biologi dan Ketua LPPM. terselenggara pada 24-30 Mei 2021. Penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19 adalah hal yang mutlak dilaksanakan. Seluruh Mahasiswa dan Dosen terlebih dahulu melakukan Swab Antigen dan Menerapkan 5M selama kegiatan. Pelaksanaan kegiatan ini diamanatkan kepada Mahasiswa-mahasiswi semester VI sebagai salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh, namun ada juga keterlibatan Mahasiswa-mahasiswi dari semester II, IV dan VIII sebagai bentuk dukungan serta kegiatan praktek pada beberapa mata kuliah. Selain mahasiswa, kegiatan ini juga diikuti oleh Noer Sarifah Ainy, M.Si. sebagai Ketua LPPM dan Dosen Pembimbing serta Iqbal Mujadid, M.Tr.Pi. sebagai Dosen Pendamping yang memandu dan mendampingi para mahasiswa melaksanakan kegiatan sejak tahap perencanaan sampai proses eksekusi dan hasil-hasil luarannya. Pada hari Kedua, kegiatan ini mendapat kunjungan dari Para Pimpinan Kampus STKIP Arrahmaniyah antara lain Ketua STKIP Arrahmaniyah (Dr. H. M. Abduh, M.M.), Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan (Dr. H. Mochamad Djohani MM.) dan Ka. Prodi Pendidikan Biologi (Drs. Muh. Rais, M.Si) Menurut Ketua STKIP Arrahmaniyah  kegiatan ini sekaligus menjadi pelopor yang akan menjadi acuan bagi prodi lain dalam mengembangkan KKN di Prodi lain sesuai dengan identitas Prodi nya masing-masing, bahkan Ketua STKIP Arrahmaniyah  mengarahkan kepada Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Ketua LPPM agar kedepannya KKN di STKIP Arrahmaniyah berkolaborasi lintas Prodi dan Lintas Disiplin Ilmu agar kemanfaatan yang diberikan kepada lokasi tempat KKN bisa lebih maksimal.. Pada hari ke-5, kembali kegiatan ini mendapat kunjungan dari empat orang dosen sebagai bentuk dukungan dan partisipasi dalam menyukseskan kegiatan antara lain Drs. H. Muh Rais, M.Si, H. Syamsuri Rahman, S.E, M.M. Nestiyanto Hadi, M.Si, dan Farida Susantina, M.Pd.

Perangkat Desa dan Masyatakat Desa Wirajaya dengan hangat menyambut dan mendukung penuh kehadiran mahasiswa dari STKIP Arrahmaniyah sehingga kegiatan-kegiatan yang diprogramkan berjalan dengan lancar antara lain :

  1. Kegiatan Pendidikan
  2. Menyalurkan bantuan Al-Quran
  3. Mengajar di empat lembaga pendidikan (Madrasah, SD, dan SMP)
  4. Mengajar les (Matematika, Bhs Inggris, dll)
  5. Melatih bakat, (Menari, Kerajinan, Menggambar, dll)
  6. Mengajar TPQ di Masjid dan
  7. Permainan edukatif
  8. Kegiatan Etnobotani
  9. Sosialisasi Etnobotani Herbal
  10. Penanaman pohon
  11. Pendataan pemanfaatan tanaman
  12. Kegiatan Ikhtiologi
  13. Sosialisasi Pelestarian Perairan Umum dan Ikan Lokal
  14. Bimbingan Teknis Budidaya Perikanan Masyarakat
  15. Penebaran 5.000 Benih Ikan di sungai
  16. Penyaluran bantuan 20.000 benih ikan bagi pembudidaya
  17. Pendataan jenis ikan lokal
  18. Kegiatan lainnya
  19. Bersih-bersih Desa
  20. Perbaikan fasilitas MCK Komunal
  21. Sosialisasi  Kesehatan
  22. Materi Kewirausahaan, dan
  23. Sosialisasi Meningkatkan Kecintaan terhadap Al-Quran

Pada malam terakhir, mahasiswa mengadakan malam keakraban bersama warga desa dengan menampilkan kesenian daerah setempat, menampilkan minat dan bakat anak-anak yang telah dilatih dan  tak lupa menampilkan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa. Malam keakraban diakhiri dengan berpamitan kepada warga desa dan meminta maaf atas kekurangan, kesalahan yang dilakukan selama kegiatan. Warga Desa Wirajaya melalui Kepala Desa mengucapkan terimakasih atas kegiatan ini dan telah menganggap para mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat desa, untuk itu, Desa Wirajaya akan selalu menyambut kehadiran Mahasiswa-mahasiwi Prodi Pendidikan Biologi dan terbuka untuk peningkatan kerjasama selanjutnya.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada pihak-pihak yang bekerjasama dan turut menyukseskan KKN Prodi Pendidikan Biologi 2021 ini antara lain :

  • Desa Wirajaya Kec. Jasinga, Kab. Bogor
  • Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jawa Barat
  • BPDASHL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  • Yayasan Gerakan Nusantara Berbagi
  • SDN Cigelung 01
  • SDN Curug 03
  • Madrasah Diniyah
  • SMPN Satu Atap 01 Jasinga
  • Tim Aqualife Adventure

Penulis (Iqbal Mujadid)

Foto dan Video Kegiatan dapat diakses melalui STKIP Arrahmaniyah Official Youtube Channel

Leave a Reply

"Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah” - Ki Hajar Dewantara -