Pelaksanaan acara Seminar Nasional STKIP Arrahmaniyah pada tanggal 9 Januari 2021 diawali dengan registrasi peserta pada pukul 08.30 – 09.00 WIB melalui aplikasi Zoom dengan menggunakan vendor Smart IT. Total pemakalah, partisipan dan dosen yang hadir sebanyak 530 peserta. Acara dilanjutkan dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Tilawah dan Doa.

Acara selanjutnya ialah sambutan-sambutan yang dimulai sekitar pukul 09.30 – 10.00 WIB, diantaranya sambutan oleh ketua Panitia Semnas STKIP Arrahmaniyah 2021 yang disampaikan Noer Sarifah Ainy, M.Si, lalu sambutan Ketua STKIP Arrahmaniyah yang diwakili oleh Dr. Didi Tarmedi, MM dan dilanjutkan sambutan Ketua Yayasan Pendidikan Islam Arrahmaniyah yang diwakili oleh Dr. Muhammad Abduh, MM.

Acara berikutnya ialah masuk sesi 1 penyampaian materi oleh narasumber dan keynote speaker dari pukul 10.20 – 12.15 WIB. Narasumber pertama diberikan oleh H. Sada Sugianto, S.Pd., MM dari Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Depok, narasumber kedua disampaikan oleh Dr. Sri Rahayu Pudjiastuti sebagai Ketua Prodi Magister PPKn STKIP Arrahmaniyah, M.Pd, narasumber ketiga dipaparkan oleh Keynote Speaker Prof. Dr. Uman Suherman, A.S., M.Pd dari Ketua LLDIKTI IV wilayah Jawa Barat dan Banten, narasumber keempat disampaikan oleh Dr. Sriyamto, M.M sebagai Ketua Prodi PGSD STKIP Arrahmaniyah.

Acara dilanjutkan setelah ishoma dengan kegiatan sesi 2, yaitu pemaparan oleh pemakalah dari pukul 13:30 – 15:30 WIB. Kegiatan pemaparan dilakukan breakout room menjadi 5 room dengan kisaran pemakalah antara 19 – 25 peserta.  Acara terakhir ialah penutupan yang dilaksanakan pada pukul 15:30 – 16:00 WIB yang dibawakan oleh MC dan penyampaian pemakalah terbaik setiap room.

Rangkaian pertama Semnas telah selesai dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2021, untuk selanjutnya ialah pembuatan produk luaran (output) berupa Jurnal Sintesa Tahun 2021 Edisi 1, Prosiding Sains, Prosiding Sosial, Booklet Semnas dan 2 Bookchapter terindeks Google Scholar.

Leave a Reply

"Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah” - Ki Hajar Dewantara -