STKIP Arrahmaniyah melakukan Akreditasi Perguruan Tinggi pada tanggal 19-21 Januari 2024. Asesor pertama yakni Prof. Dr. Indra Maipita, M.Si, Ph.D dan asesor kedua yakni Dr. Ainur Rofieq, M.Kes. Kegiatan asesmen diselenggarakan di Aula STKIP Arrahmaniyah pada pukul 08.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari pihak Yayasan Pendidikan Islam Arrahmaniyah dan dilanjutkan dengan rangkaian asesmen yang telah disusun oleh asesor. Kegiatan berlangsung secara tertib dan lancar baik pada sesi pimpinan, tim task force, dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, alumni dan pengguna.

Kedua asesor banyak memberikan masukan dan arahan bagi STKIP Arrahmaniyah untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas kampus. Para asesor memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang tridarma perguruan tinggi, pelampauan standar SN-DIKTI, peningkatan kualitas SDM Dosen dan tendik, peningkatan sarana serta prasarana kampus, memiliki dokumen formal Rencana Strategis Penelitian serta pedoman penelitian, memiliki Rencana Strategis PKM dan regulasi untuk mengatur adanya kelompok PKM. Selain itu, dalam rangka mencapai Rencana Jangka Panjang perubahan alih status menjadi Institut atau Universitas maka perlu adanya rencana dan strategi yang lebih detail dan terukur.

Hasil akhir penilaian Akreditasi Baik, dan nilainya cukup tinggi untuk kategori baik (246) maksimal 300, hanya kurang 67 poin lagi nilai mendapatkan nilai Baik Sekali. Hasil ini patut disyukuri, ke depan kekurangan 67 poin akan diupayakan untuk mendapatkan akreditasi Baik sekali. Dan sesuai dengan yang disampaikan oleh Ketua STKIP Arrahmaniyah, Progres STKIP berubah menjadi Universitas dengan penambahan Program studi yang lain. Proses akreditasi merupakan sebuah proses yang melelahkan namun hasil memuaskan bagi STKIP Arrahmaniyah Depok. Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, mereka sudah berusaha terus meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa serta masyarakat. Semoga, prestasi yang lebih gemilang akan diraih oleh STKIP Arrahmaniyah Depok di masa depan dalam pendidikan perguruan tinggi.

Leave a Reply

"Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah” - Ki Hajar Dewantara -